Iklan

Buku Membangun Ekonomi Sirkular Berkelanjutan melalui Implementasi Trash Play House di TPS3R Wringinputih

Konten [Tampil]

 


Deskripsi  Buku  Membangun Ekonomi Sirkular Berkelanjutan melalui Implementasi Trash Play House di TPS3R  Wringinputih

Judul Buku :  Membangun Ekonomi Sirkular Berkelanjutan melalui Implementasi Trash Play House di TPS3R  Wringinputih

Penulis : Ir. Yun Arifatul Fatimah, ST. MT. PHD. IPU dan  Agus Wahyudi, ST., MBA

Editor: Prihatini Wahyuningsih

Jumlah Halaman : vi+103 hal

Ukuran buku :  15,5  x 23 cm

Jenis Kertas : Bookpaper

Cover : Softcover 

Harga : Rp. 85.000

Tahun Terbit : November, 2022

ISBN : 


 

Review Buku  Membangun Ekonomi Sirkular Berkelanjutan melalui Implementasi Trash Play House di TPS3R  Wringinputih

 

www.mikromediateknologi.com -

Borobudur merupakan destinasi wisata unggulan berdasarkan  Surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Nomor S.51/PSLBB/PS/PLB 0/2/2020.

Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA)  beroperasi, dan dibukanya akses angkutan Kereta Api Bandara dan jalan ke utara melalui Sentolo sepanjang 20-30 km pada tahun 2020. Hal ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah Wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke candi Borobudur, Magelang dalam 5 tahun kedepan, dan potensi peningkatan mencapai 4 kali lipat pada tahun 2024.

Kedua hal di atas menjadi tantangan besar dalam pengelolaan sampah di lingkungan Borobudur. Kawasan Borobudur menjadi salah satu lokasi penyumbang sampah yang cukup besar. Masyarakat di sekitar kawasan KPSN dan Wisatawan perlu memperoleh edukasi sampah secara massif dan produktif, salah-satunya melalui solusi media Rumah Pintar Belajar Sampah (Trash Play House/TPH). Trash Play House (TPH) merupakan Rumah Belajar Sampah untuk wisatawan dan masyarakat di kawasan Desa Wisata Borobudur. Pengelolaan dan pengembangan TPH berfungsi optimal untuk mendukung amenitas di kawasan destinasi wisata Borobudur.

TPH Wringinputih dikembangkan untuk mendorong daya tarik wisata, sebagai alternatif wisata edukasi sampah, serta upaya penambahan dan peningkatan pendapatan TPH agar operasional dan usahanya dapat lebih berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah, penanganan sampah di laut, dan pengelolaan sampah plastik di lima destinasi wisata prioritas.


Kondisi di Sekitar Kawasan Candi Borobudur

Desa sekitar Candi Borobudur memiliki banyak potensi kepariwisataan, tetapi dirasakan tenggelam akibat semua perhatian ditujukan ke Candi Borobudur. Masyarakat di desa sekitar Candi Borobudur mengalami penurunan kualitas lingkungan. Pengelolaan Candi Borobudur dengan sistem bisnis yang mengekploitasi potensi, mengakibatkan persoalan kesenjangan kesejahteraan, dan peningkatan angka kemiskinan. 


Potensi Borobudur yang sangat besar menimbulkan persoalan kesejahteraan, atau kemiskinan yang dialami oleh masyarakat sekitar, dan kesenjangan semakin besar. Dengan kunjungan rata-rata 5 juta wisatawan per tahun, wisata Candi Borobudur menjadi penopang pendapatan pariwisata di Kabupaten Magelang. Namun, besarnya pendapatan itu tidak serta-merta berdampak pada perekonomian masyarakat desa di sekitarnya. Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPD) Jawa Tengah mencatat, tahun 2019 ada tiga desa di Kecamatan Borobudur masih masuk dalam zona merah kemiskinan, yakni desa Giri Tengah, desa Ngadiharjo dan desa Wringinputih. 


Desa Wringinputih berjarak sekitar 2,3 km dari Candi Borobudur berlatar belakang Perbukitan Menoreh. Kondisi alamnya yang masih alami, dan memiliki pemandangan alam yang indah. Desa Wringinputih menjadi salah satu model pengembangan desa wisata dengan didirikannya Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang didukung oleh CSR Pertamina.


Daftar Isi 

Prakata
Daftar Isi
Bab 1     Pendahuluan
A.Kondisi di Sekitar Kawasan Candi Borobudur
B.Jumlah kunjungan wisata dan timbulan sampah
C.Masalah Sampah di Kawasan Wisata
Bab 2   Trash Play House
A.Tujuan Trash Play House/TPH
B.Visi Trash Play House/TPH
C.Misi Trash Play House/TPH
D.Landasan Filosofis Trash Play House/TPH
Bab 3 Pembangunan TPS3R
A. Tujuan Pembangunan TPS3R
B. Tujuan Penyelenggaraan Program TPS3R
C. Target Penyelenggaraan Program TPS 3R.
D. Tujuan pembangunan dan pengembangan Amenitas Wisata  TPS3R Wringinputih.
E. Manfaat TPS3R
F. Indikator Tujuan Proyek TPS3R
G. Kunci Keberhasilan Penyelenggaraan TPS3R
Bab 4 Kriteria Pembangunan TPS
A. Tempat Penampungan Sementara(TPS)
B. Kriteria dan Jenis TPS
C. Tipe TPS
D. Konsep 3R dalam Penampungan Sampah
Bab 5 Analisis SWOT TPS3R
A. Pengertian Analisis SWOT
B. Manfaat dan Tujuan Analisis SWOT
C. Analisis SWOT di TPS3R Wringinputih
D. Kuadran Strategi Pengembangan Operasional TPS3R


Bab 6  Analisis Pengembangan TPS3R Wringinputih
A. Analisis dan Pemetaan Masalah Sampah
B. Analisis Mass Balance TPS3R Wringinputih
C. Analisis Kebutuhan Lahan TPS3R Wringinputih
D. Analisis Kebutuhan Lahan Penyimpanan Sampah Lapak
E. Analisis Kebutuhan Lahan Penyimpanan Sampah Organik

Bab 7  Penutup
Daftar Pustaka
Glosarium
Indeks
Profil Penulis

Penulis 


Ir. Yun Arifatul Fatimah, ST. MT. PhD, IPU adalah Associate Professor, bidang keahlian  sustainable and smart manufacturing, smart city, remanufacturing, circular economy, cleaner production, and    energy efficient. Bertugas di Industrial Engineering, Engineering Faculty, dan berkantor di Jl. Bambang Sugeng km. 05 Mertoyudan Magelang.

Penulis menyelesaikan pendidikan S3 pada tahun 2015 dari Curtin University,  Australia, Department Mechanical Engineering, dengan judul Disertasi Remanufacturing as A Potential Means of Attaining Sustainable Industrial Development in Indonesia. S2 lulus tahun 2004 dari Universitas Indonesia, Department Industrial Engineering, dengan judul Tesis Product Components Design Toward Target Costing Using Value Engineering and Fuzzy Logic. S1 lulus tahun 1997 dari Universitas Muhammadiyah Magelang, Department Industrial Engineering, dengan judul Skripsi Ergonomic Evaluation for Student Chair at Universitas Muhammadiyah Magelang.

Penulis melaksanakan riset pada tahun 2021-2024 dengan judul penelitian International research collaboration, titled: Circular economy to minimize waste challenges in Indonesia (IndoCircularWaste), in collaboration with University of Southern Denmark, funded by DANIDA – Danish Government. Riset tahun 2023-2024 berjudul National Innovation Research funded by the National Research and Innovation Agency (BRIN) – LPDP Indonesia, Big data based sustainable waste management system. Riset tahun 2020 berjudul International research collaboration, titled: Trash Play House (Rumah Pintar belajar Sampah) in Wringinputih Tourism Village Borobudur Temple Area: Toward Sustainable Waste Management, in collaboration with Curtin University,     Australian Award. Riset tahun 2019 berjudul Design Platform Smart City toward sustainable organic waste collection and segregation, funded by Ministry of Higher Education of Indonesia DIKTI – PDUPT. Riset tahun 2018-2019 berjudul International research collaboration, titled: A smart waste management toward sustainable circular economy, in collaboration with Curtin University, Australia, funded by Ministry of Higher Education of Indonesia DIKTI – international research collaboration program. Riset tahun 2018 berjudul Developing Sustainability Learning Game to Empower Children to Save the Environment, in collaboration with Curtin University, Australia, funded by Australian Award. Riset tahun 2017 berjudul International research collaboration, titled: Consumers´ perception toward remanufactured auto parts in Indonesia and Japan, in collaboration with f National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) Japan. Riset tahun 2016-2017 berjudul Resource Efficient and Cleaner Production Program in Tourism Sectors, funded by United Nation Industrial Development. Riset tahun 2016 berjudul Remanufacturing and refurbishing photocopier business in Asia (in collaboration with National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST).

 AGUS WAHYUDI

Agus Wahyudi adalah Konsultan dan Peneliti dalam bidang Sustainable Business and Tourism. Setelah menyelesaikan studi sarjana dalam bidang Teknik Industri di Universitas Muhammadiyah Magelang dan Master Degree di Universitas Padjajaran. Berdasarkan latar belakang akademisn dan pengalamannya, beliau berfokus pada sustainable tourism, sustainable business, sustainable business performance measurement, sustainable and smart waste management, teknologi AI dan energi terbarukan. Selama 12 tahun beliau telah menjadi konsultan perusahaan BUMN swasta, serta startup, termasuk Greentech Startup yang fokus pada pengolahan sampah plastik dan energi terbarukan. Beliau pernah menjadi salah satu inisiator Ciliwung Civil Society yang konsens dalam edukasi masyarakat pinggiran sungai Ciliwung untuk mendaur ulang sampah dan memanfaatkan lahan kritis pinggiran sungai menjadi kebun obat  dan sayur untuk ketahanan masyarakat. Beliau juga menjadi salah satu inisiator Rumah Pintar Belajar Sampah di desa sekitar Candi Borobudur.

 

 

 

 Pemesanan Buku



Bagi yang ingin memesan buku ini bisa hubungi penerbit via DM Instagram @penerbitmikromedia dan juga fast respons di nomor WhatsApp : 0813-1083-2017

Silakan isi form ordernya

Form Pembelian Buku  

Nama :

Alamat lengkap :

No. HP :

Jumlah buku yang dipesan :



Tersedia juga buku di Google Play Book : Membangun Ekonomi Sirkular Berkelanjutan melalui Implementasi Trash Play House di TPS3R  Wringinputih

Tokopedia (Sahabat- Keluarga) : Membangun Ekonomi Sirkular Berkelanjutan melalui Implementasi Trash Play House di TPS3R  Wringinputih

 

 

 
Salam
Mikromediateknologi.com

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

There is no other posts in this category.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

klan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel